Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar komik
berbasis pendekatan saintifik materi fungi bagi siswa kelas X SMAN Taekas
yang memenuhi kualifikasi valid. Dan untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar
komik berbasis pendekatan saintifik materi fungi kelas X SMAN Taekas yang
memenuhi kualifikasi valid. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Taekas pada
semester ganjil T.A 2021/2022 pada bulan September 2021. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and development dengan menggunakan
pendekatan saintifik yang terdiri atas langkah pendefinisian (define), langkah
perancangan (design), langkah pengembangan (disseminate) yang
dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) dalam Fuad (2016). Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XA SMAN Taekas yang berjumlah 15 orang
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Ada
dua jenis angket yaitu angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba kelompok
besar beserta lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli bahan ajar.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan jenjang
kualifikasi penilaian bahan ajar bahwa 85% dalam mengembangkan bahan ajar
komik dikatakan sangat valid (tidak revisi), 65% dikatakan valid (revisi)
sedangkan 45% dikatakan kurang valid (revisi) sedangkan hasil validasi uji coba
kelompok kecil dan kelompok besar yaitu menunjukan bahwa bahan ajar komik
berbasis pendekatan saintifik materi fungi kelas X SMAN Taekas dikatakan
sangat valid dan tidak perlu di revisi.