Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan yang
dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika SPLTV serta mengetahui
faktor-faktor penyebab dalam menyelesaikan materi SPLTV pada siswa SMA
Stella Gratia Atambua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Stella Gratia
Atambua tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk
uraian berjumlah 3 nomor serta pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa pada tipe kesalahan membaca
yaitu dengan rata-rata persentase kesalahannya adalah sebesar 33,33%, kesalahan
memahami soal yaitu dengan rata-rata persentase kesalahannya adalah sebesar
45%, kesalahan transformasi yaitu dengan rata-rata persentasenya adalah sebesar
69%, kesalahan keterampilan proses yaitu dengan rata-rata persentase
kesalahannya adalah sebesar 78%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu
dengan persentase kesalahannya adalah sebesar 80%.