Abstract :
Penelitiana ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem
based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada
materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII SMPN Tublopo.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment.Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Tublopo yang berjumlah
30 orang . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPN Tublopo
kelas VIII yang berjumlah 30 orang, dibagi menjadi dua kelas yaitu
15 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 15 orang siswa sebagai
kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari model problem based learning (PBL) terhadap
hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dilihat dari
rata-rata skor siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan siswa
yang dibelajarkan dengan metode ceramah yaitu ,67,58> 54,45.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari model
PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan
manusia siswa kelas VIII SMPN Tublopo.