Abstract :
NOVRIANA ANITA NAHAK, 41170092, STRATEGI MARKETING MIX DALAM
PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK SABUN MANDI (Studi pada PT. Wings
Surya Atambua). Di bawah bimbingan Bapak Berno B. Mitang, SE.,MM dan Bapak Desmon R.
Manane, SE.,MM masing –masing sebagai Pembimbing I dan Pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Wings Surya Atambua, jalan Laksamana
Yossudarso kilo meter 5, kelurahan Umanen, kecamatan Atambua, kabupaten Belu. Masalah
utama dalam penelitian ini yakni adanya penurunan dan ketidakstabilan volume penjualan produk
sabun mandi pada PT. Wings Surya Atambua selama beberapa tahun terakhir sehingga
perusahaan membutuhkan strategi untuk peningkatan volume penjualan dalam waktu yang
panjang. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi
Marketing Mix dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Sabun Mandi pada PT. Wings
Surya Atambua. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang berkaitan
dengan indicator penelitian yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Alat analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.
Hasil analisis mengenai posisi PT. Wings Surya Atambua dengan menggunakan analisis
Diagram dan Matriks SWOT menunjukkan bahwa PT. Wings Surya Atambua berada dalam fase
pertumbuhan yang stabil. Dengan nilai faktor internal 2,705 dan nilai faktor eksternal sebesar
3,277. Strategi pengembangan yang cocok diterapkan pada PT. Wings Surya Atambua dalam
meningkatakan volume penjualan produk sabun mandi adalah Strategi ST (Strength dan
Threaths). Posisi ini menandakan bahwa PT. Wings Surya Atambua menggunakan kekuatan untuk
menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.