Abstract :
Nama peneliti : Oktovio Dos Anjos Araujo (41170080), Pembimbing I Bapak Sirilius Nafanu
SE.,MM, Pembimbing II Ibu Imelda Thein SE.,MM. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Electronic word of mouth pada media sosial terhadap keputusan
berkunjung (Studi Kasus Pada Padang Fulan fehan Kabupaten Belu). Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis kuantitatif, penelitian kuantitatif didasarkan
atas perhitungan angka atau bilangan dari pengunpulan data, penafsiran terhadap data
tersebut, serta penampilan dan hasilnya. Variabel bebas (independent) dalam penelitian ini
adalah platform assistance, concern for others, expressing positive feelings dan helping the
company serta variabel terikat (dependent) adalah keputusan berkunjung. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini adalah dokumentasi, kuesioner. Subjek
dalam penelitian ini pengguna Instagram yang menjadi followers akun „belu.travel‟ dan
sudah pernah berkunjung ke Padang Fulan Fehan dan sampel yang di teliti sebanyak 30
responden. Dari hasil olahan data ditemukan nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,623
. Artinya bahwa setelah dilakukan penelitian, diketahui 62,3% keputusan berkunjung
dipengaruhi platform assistance, concern for other, expressing positive feelings, dan helping
the company sedangkan sisanya 37,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar
cakupan penelitian ini. Pengaruh Platform Assistance (X1) Terhadap Keputusan berkunjung
(Y) Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,850. sedangkan ttabel
diketahui pada alpha 0,05 sebesar 2,059. Hasilnya, thitung ≥ ttabel (3,850 ≥ 2,059). Oleh sebab
itu keputusannya menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif . Artinya, terdapat
pengaruh parsial yang signifikan dari platform assistance terhadap keputusan berkunjung di
Padang Fulan Fehan. Pengaruh Concern for Others (X2) Terhadap Keputusan berkunjung (Y)
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,484. Sedangkan ttabel
diketahui pada alpha 0,05 sebesar 2,059. Hasilnya, thitung ≥ ttabel (2,483 ≥ 2,059). Oleh sebab
itu keputusannya menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif. Artinya, terdapat
pengaruh parsial yang signifikan dari concern for others terhadap keputusan berkunjung di
Padang Fulan Fehan. Pengaruh Expressing Positive Feelings (X3) Terhadap Keputusan
berkunjung (Y) Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 2,653.
Sedangkan ttabel diketahui pada alpha 0,05 sebesar 2,059. Hasilnya, thitung ≥ ttabel (2,653 ≥
2,059). Oleh sebab itu keputusannya menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif.
Artinya, terdapat pengaruh parsial yang signifikan dari Expressing Positive Feelings terhadap
keputusan berkunjung di Padang Fulan Fehan. Pengaruh Helping the Company (X4) Terhadap
Keputusan berkunjung (Y) Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar
2,810. Sedangkan ttabel diketahui pada alpha 0,05 sebesar 2,059. Hasilnya, thitung ≥ ttabel (2,810
≥ 2,059). Oleh sebab itu keputusannya menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis
alternatif. Artinya, terdapat pengaruh parsial yang signifikan dari Helping the Company
terhadap keputusan berkunjung di Padang Fulan Fehan.