DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KOTA BARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Tefa, Oswaldus
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-23 01:32:29 
Abstract :
Kemampuan komunikasi matematika siswa sangat dibutuhkan oleh setiap siswa dan guru. Lewat komunikasi matematika hasil belajar matematika siswa dapat terukur, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Kelas VIII C SMP Negeri Kota Baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri Kota baru Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis hasil observasi analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe think talk write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa. Hal ini didasarkan pada perolehan lembar observasi dari rata-rata 1,6 dengan kategori kurang pada siklus I meningkat menjadi 4,0 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Dan hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata 69,52 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62% meningkat menjadi 84,5 dengan ketuntasan klasikal 85% pada siklus II. Oleh karena itu penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write adalah solusi terbaik untuk diterapkan pada SMP Negeri Kota baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matemati dan hasil belahar siswa. 
Institution Info

Universitas Timor