Abstract :
Kemampuan komunikasi matematika siswa sangat dibutuhkan oleh setiap siswa dan
guru. Lewat komunikasi matematika hasil belajar matematika siswa dapat terukur, karena itu
tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik
Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Kelas
VIII C SMP Negeri Kota Baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri Kota
baru Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis hasil observasi analisis data hasil tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe think talk write dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa. Hal ini didasarkan pada
perolehan lembar observasi dari rata-rata 1,6 dengan kategori kurang pada siklus I meningkat
menjadi 4,0 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Dan hasil tes pada siklus I diperoleh
rata-rata 69,52 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62% meningkat menjadi 84,5
dengan ketuntasan klasikal 85% pada siklus II. Oleh karena itu penelitian dengan judul
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write adalah solusi terbaik untuk
diterapkan pada SMP Negeri Kota baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matemati dan hasil belahar siswa.