Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi prisma dan limas berdasarkan prosedur
Newman. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIIIᵈ SMPK St. Yosep Maubesi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan
prosedur Newman yaitu: (1) kesalahan membaca dengan persentase kesalahannya sebesar
12.5%, (2) kesalahan memahami masalah persentase kesalahannya sebesar 58.75%, (3)
kesalahan transformasi persentase kesalahannya sebesar 26.25%, (4) kesalahan keterampilan
proses persentase kesalahannya sebesar 26.25%, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir
persentase kesalahannya sebesar 66.25%. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa yaitu siswa
tidak memiliki penguasaan materi yang cukup sehingga siswa tidak memahami kata kunci atau
arti kata dalam soal, siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta
siswa juga keliru dalam melakukan proses perhitungan dan juga siswa tidak terbiasa menuliskan
kesimpulan dari soal yang dikerjakan.