Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Student Team
Achieviement Division (STAD) dalam pembelajaran teksnegosiasi dan untuk mengetahui
hasil penerapan metode Student Team Achieviement Division (STAD) dalam
pembelajaran menulis teksnegosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kefamenanu.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA SMA Negeri 3 Kefamenanu dan
objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode STAD dalam pembelajaran menulis
teks negosiasi dan hasil kemampuan menulis teks negosiasi menggunakan metode
STAD oleh siswa kelas X-Ipa SMA Negeri 3 Kefamenanu. Berdasarkan hasil penelitian,
penerapan metode STAD dalam menulis teks negosiasi adalah 1), menyajikan materi
pembelajaran yang berhubungan dengan teks negosiasi, 2) membentuk siswa dalam
kelompok, 3) menguji siswa secara individu. Hasil observasi menunjukan bahwa proses
penerapan metode STAD sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari hasil kemampuannya,
penerapan metode STAD dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X-Ipa
SMA Negeri 3 Kefamenanu termasuk kategori baik. Hal ini ditun jukan dengan nilai
rata-rata 82,30 dengan ketuntasan 100%.