Abstract :
Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIIE
SMPK St. Yosef Maubesi
tahun ajaran 2020/2021â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar matematika melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian adalah
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIIE
yang berjumlah 20 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yakni
data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar
matematika melalui pendekatan kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada rata-rata nilai tes tip
siklus, dimana siklus I 63,8 dengan ketuntasan klasikal 55%, meningkat pada siklus
II menjadi 78,10 dengan ketuntasan klasikal menjadi 75%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil
belajar matematika pada siswa Kelas VIIE SMPK St.Yosef Maubesi tahun ajaran
2020/2021