DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 MALAKATENGAHTAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Bria, Soviana Lorita
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-24 07:03:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Malaka Tengah materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian siswa kelas VIIIA berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIIIA SMP Negeri 2 Malaka Tengah. Hal ini dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan kelas setiap siklus, yaitu siklus I 66,66% dan siklus II sebesar 86,66%. Dengan kata lain , pembelajaran materi persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Malaka Tengah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Peningkatan ini juga dapat dilihat dari keaktifan siswa pada siklus I dengan kategori cukup baik dengan persentase 50% dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan persentase 80%. 
Institution Info

Universitas Timor