Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat belajar matematika dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VIIIA SMP
Negeri 2 Malaka Tengah materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian siswa kelas VIIIA
berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar
matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIIIA SMP Negeri
2 Malaka Tengah. Hal ini dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan kelas setiap
siklus, yaitu siklus I 66,66% dan siklus II sebesar 86,66%. Dengan kata lain ,
pembelajaran materi persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri
2 Malaka Tengah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%.
Peningkatan ini juga dapat dilihat dari keaktifan siswa pada siklus I dengan kategori
cukup baik dengan persentase 50% dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II
dengan persentase 80%.