DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA DARMA AYU TAHUN AJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Yukeki, Michael Paceli
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-24 07:06:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X IPA SMA Darma Ayu. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Darma Ayu dengan jumlah siswa 16 orang dan objek penelitiannya berupa hasil tes kemampuan menulis teks negosiasi menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh hasil pertemuaan pertama dan Observasi masih banyak permasalahan yang terdapat pada kegiatan proses pembelajaraan bahwa kegiatan proses pembelajaran belum berjalan dengan kondusif. Hal ini menyebabkan hasil kerja siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini terlihat dari nilai rata-rata skor hasil observasi pertemua satu dengan skor nilai yang diperoleh 70, dapat disimpulkan kegiatan proses pembelajaran masih kurang. Sedangkan padai pertemuan II sudah berjalan dengan kondusif, siswa sudah terlibat aktif saat pembelajaran dan siswa sudah memahami struktur dan cirikebahasaan dari teks negosiasi dengan baik. Hal ini menyebabkan hasil kerja siswa sebagian besar sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) serta pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual hal ini dikategori sudah berhasil. dilihat dari nilai rata-rata skor hasil pertemua dua dengan nilai 80 sampai 100, dapat dikategorikan kegiatan proses pembelajaran sudah meningkat. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pertemuan kedua setelah mengunakan media audio visual dari 16 siswa yang tidak tuntas satu siswa sedangkan yang tuntas ada 15 siswa dengan rincian sebagai berikut, siswa yang mendapat nilai 70 ada 1 siswa , 80 ada 2 siswa, 90 ada 8 siswa dan 100 ada 5 siswa, dengan mengunakan media audio visual untuk membantu siswa dalam menulis teks negosiasi dan skor rata rata ketuntasan yang di peroleh siswa 80 sampai 100 tetapi pada pertemuan kedua ini ada satu siswa yang belum tuntas dikarenakan siswa tersebut mendapat skor 70 tetapi pada pertemuan kedua ini siswa sudah mulai memahami dengan struktur dan ciri kebahasaan dari teks negosiasi. 
Institution Info

Universitas Timor