Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan jumlah siswa yang mengalami
miskonsepsi, tidak tahu konsep dan menguasai konsep berbasis CRI serta
mendespkripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
konjungsi dan disjungsi pada materi logika berbasis CRI. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kualitatif. Subjek peneltian siswa kelas X SMAN Binino sebangan 13
orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal Tes dan
wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa siswa tidak paham
konsep lukcy gues sebanyak 13,5%, siswa menguasai konsep sebanyak 21%, siswa tidak
paham konsep a lack of knowlegde sebanyak 34,6% dan siswa yang mengalami
miskonsepsi sebanyak 30,7%. Jumlah siswa yang mengalami kesalahan memahami soal
sebanyak 25 variasi jawaban, kesalahan menggunakan rumussebanyak 29 variasi jawaban
dan yang mengalami kesalahan dalam operasi sebanyak 34 %. Hasil penelitian
menunjukan bahwa banyak siswa yang mengalami tidak paham konsep a lack of
knowlegde dan banyak melakukan kesalahan dalam operasi.