Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk cerita materi
bilangan bulat. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas
VII SMP Kristen Kefamenanu yang melakukan kesalahan tingkat tinggi, tingkat
sedang dan tingkat rendah diwawancarai. Selain itu dipilih tiga orang sebagai
subjek penelitian berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Teknik pengumpulan
data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitan menunjukan
persentase kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur Newman yaitu
: (1) Kesalahan Membaca tidak siswa yang melakukan kesalahan membaca 0 %
(2) Kesalahan Memahami Masalah sebesar 37,7%. (3) Kesalahan Transformasi
sebesar 25% (4) Kesalahan Keterampilan Proses 25% (5) Kesalahan Penulisan
Jawaban akhir sebesar 12,5%. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa adalah
siswa tidak mempunyai penguasaan materi yang cukup sehingga siswa tidak
memahami masalah dan tidak dapat menentuka hal apa yang diketahui dan
tanyakan, siswa tidak mampu melakukan langkah-langkah dengan tepat, siswa
tidak paham soal, akibat dari kesalahan sebelumnya, tidak terbiasa menuliskan
kesimpulan, lupa menuliskan kesimpilan.