DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN STRATEGI SELF-UNDERSTANDING PADA KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MEMILIH KARIER KELAS IX B DI SMP NEGERI 57 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fita Widya Putri, 175000013
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-13 07:29:19 
Abstract :
Putri, Fita Widya. 2021. ?Penggunaan Strategi Self-Understanding pada Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Memilih Karier Kelas IX B di SMP Negeri 57 Surabaya?. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Hartono, M.Si. Kata kunci: strategi self-understanding, konseling kelompok, kepercayaan diri dalam memilih karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-understanding pada konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam memilih karier. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas IX B SMP Negeri 57 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian yang digunakan yaitu menggunakan data kepercayaan diri siswa dalam memilih karier yang dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan oleh peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran kepercayaan diri siswa dalam memilih karier nilai signifikannya 0,00-0,05. Sedangkan uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,693. Data pre-test dan posttest dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 20 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik setelah dilakukan uji asumsi normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Jadi, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-understanding pada konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam memilih karier kelas IX B SMP Negeri 57 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya