Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Kholifatul Dwinur Kholisah, 175000011
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-13 08:01:46
Abstract :
Kholisah, Dwinur, Kholifatul. 2021. Pengaruh Play Therapy dengan
Media Boneka Tangan dalam Bimbingan Kelompok terhadap
Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di Masa
Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Drs. H. Sutijono, M.M. Pembimbing (2)
Dimas Ardika, M, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Play Therapy, Boneka Tangan, Bimbingan Kelompok,
Sosio Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play
therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok
terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa
pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PraEksperimen One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian
sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah.
Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon
Signed Ranks Test.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata
skor sosio emosional siswa kelas VIII F SMP Hang Tuah 1 Surabaya
dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60
artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan
kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig
= 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < ? = 0,05). Berdasarkan hasil
penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan
media boneka tangan dalam bimbingan kelompok ada pengaruh
terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.