DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO EMOSIONAL SISWA SMP HANG TUAH 1 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Kholifatul Dwinur Kholisah, 175000011
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-13 08:01:46 
Abstract :
Kholisah, Dwinur, Kholifatul. 2021. Pengaruh Play Therapy dengan Media Boneka Tangan dalam Bimbingan Kelompok terhadap Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Drs. H. Sutijono, M.M. Pembimbing (2) Dimas Ardika, M, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Play Therapy, Boneka Tangan, Bimbingan Kelompok, Sosio Emosional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PraEksperimen One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata skor sosio emosional siswa kelas VIII F SMP Hang Tuah 1 Surabaya dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60 artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig = 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < ? = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok ada pengaruh terhadap meningkatkan sosio emosional siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya