Abstract :
Mufarrohah, Nurul L. 2020. Pengaruh Permainan ABC Terhadap
Kosakata Bahasa Anak Di TK Aisyiyah 57 Surabaya. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Aisyah, S.Psi, M.Pd
Kata Kunci: permainan ABC. Penguasaan kosakata bahasa anak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kosakata
bahasa anak sehingga mengakibatkan kurangnya komunikasi antar
teman sebaya oleh karena itu peneliti menggunakan permainan ABC
untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa anak. penelitian ini
dilakukan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 57 Surabaya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah
Permainan ABC Berpengaruh Terhadap Kosakata Bahasa Anak
Kelompok B Di TK Aisyiyah 57 Surabaya??. Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
permainan ABC terhadap penguasaan kosakata bahasa anak di TK
Aisyiyah 57 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen.
Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PreEksperimental Design yaitu dengan One-Group Pre-Test Post-Test
Design sebagai desain penelitian. Pada penelitian ini populasi dan
vi
sampel yang digunakan yaitu anak kelompok B di TK Aisyiyah
dengan jumlah 25 anak yang terdiri siswa laki-laki sebanyak 13 dan
siswi perempuan sebanyak 12. teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu melalui pre-test, post-test, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data
menggunakan Ujij t dengan bantuan SPSS Versi 20.
Berdasarkan hasil dari analisis menunjukkan bahwa hasil
hitung uji t Sig (0,020) < 0,05 berarti ada pengaruh. Artinya
permaian ABC berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa
anak kelompok B di TK Aisyiyah 57 Surabaya.