DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA ITP SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
DINI ATIKA PUTRI ANINDYA, 175000022
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-13 08:33:48 
Abstract :
Putri, Atika, Dini. 2021. Penggunaan Teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XII IPS 1 SMA ITP Surabaya. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Hartono, M.Si. Kata kunci: Sosiodrama, bimbingan kelompok, pemahaman diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman diri siswa di SMA ITP Surabaya yang masih kurang, rendahnya pemahaman diri siswa dalam mengetahui tujuan setelah lulus sekolah bingung mengambil jurusan apa, dan lebih dikhawatirkan siswa masih cenderung terpengaruh teman dalam memilih jurusan maupun perguruan tinggi, selain itu bagi siswa yang tidak memiliki minat ke perguruan tinggi juga belum diketahui melanjutkan karir atau tidak kedepannya. Hal ini dikarekanan kurangnya pemahaman diri siswa dalam mengetahui bakat dan minatnya, terlebih bagi siswa yang kurang aktif dalam komunikasi dan berinteraksi sesama teman sebayanya menjadi hambatan tersendiri dalam tumbuh kembang kedepannya. Tentu saja keadaan ini menjadi beban mental tersendiri bagi para guru terutama guru BK saat itu mengutarakan kecemasannya kepada peneliti akan keberhasilan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan dan mencapai karir sesuai kemampuannya, sehingga guru memiliki kebanggaan tersendiri melihat peserta didik meraih cita-cita dimasa depan secara mandiri. Jadi tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XII IPS 1 di SMA ITP Surabaya. Menggunakan metode analisis statistik deskriptif dengan rumusan yang digunakan adalah uji T nonparametrik. Digunakan sebagai pre-test dan post-test one group desain xvii maka uji T non paraametrik menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji T nonparametrik menggunakan aplikasi SPSS versi 20 menunjukan bahwa hasil penelitian diketahui bahwa nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0.004 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode sosiodrama dalam bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman diri siswa di kelas XII IPS 1 SMA ITP Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya