Abstract :
Rini, Gitra Puspita. 2020. Pengaruh Metode Bermain Peran
Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana.,
S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci : Anak Usia dini, Metode Bermain Peran, Berhitung
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa
kemampuan berhitung saat ini telah menurun pada anak usia dini.
Ketika anak mulai melakukan peran, guru menyuruh anak untuk
menyebutkan banyak barang yang dijual dan menghitung jumlah
barang yang dijual. Dari kegiatan tersebut, ada anak yang masih
mengalami kesusahan dalam menyebutkan banyak barang yang
dijual dan menghitung jumlah barang yang dijual. dalam kegiatan
bermain peran menjadi penjual dan pembeli adalah guru hanya
menekankan pada perkembangan bahasa anak saja, sehingga
perkembangan kognitif anak khususnya dalam kemampuan berhitung
anak masih kurang maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah
metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berhitung
anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya ??.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan
berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif Pre Eksperimental dengan ?One Group Pretest-Posttest
Design?.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 anak kelompok B1
TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil hitung uji t Sig (2-tailed)
0,000 < 0,05 berarti ada pengaruh. Artinya metode bermain peran
berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di
TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya.