DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 57 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Rini, Gitra Puspita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 03:32:07 
Abstract :
Rini, Gitra Puspita. 2020. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana., S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : Anak Usia dini, Metode Bermain Peran, Berhitung Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan berhitung saat ini telah menurun pada anak usia dini. Ketika anak mulai melakukan peran, guru menyuruh anak untuk menyebutkan banyak barang yang dijual dan menghitung jumlah barang yang dijual. Dari kegiatan tersebut, ada anak yang masih mengalami kesusahan dalam menyebutkan banyak barang yang dijual dan menghitung jumlah barang yang dijual. dalam kegiatan bermain peran menjadi penjual dan pembeli adalah guru hanya menekankan pada perkembangan bahasa anak saja, sehingga perkembangan kognitif anak khususnya dalam kemampuan berhitung anak masih kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya ??. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Pre Eksperimental dengan ?One Group Pretest-Posttest Design?. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 anak kelompok B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil hitung uji t Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti ada pengaruh. Artinya metode bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya