DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VIII SMP PGRI 1 BUDURAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fitriawati, Rega
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-21 08:16:45 
Abstract :
Fitriawati, Rega. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas VIII SMP PGRI 1 Buduran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. Susilo Hadi, M.Pd., Pembimbing II: Rani Kurnia Putri, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah ini dibuktikan dari hasil survei TIMSS dan PISA(Huda, 2017:v). Salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah faktor internal yaitu ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Buduran yang dipilih secara purposive sampling pada materi barisan dan deret sejumlah dua siswa dari masing-masing gaya belajar siswa. Data penelitian terdiri dari data angket, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik/metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek visual mampu memahami masalah dengan baik dengan membayangkan soal permasalahan dan merencanakan penyelesaian dengan baik meskipun kurang teliti, tetapi subjek visual masih kesulitan dalam menyelesaikan rencana permasalahan dan memeriksa kembali dengan benar. (2) subjek auditorial mampu memahami masalah dengan membaca berulang dan berirama, merencanakan penyelesaian dengan baik, dan memeriksa kembali dengan benar tetapi kurang teliti dalam menyelesaikan rencana penyelesaian. (3) subjek kinestetik belum mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali hasil dengan benar dan menggunakan isyarat tubuh saat menyelesaikan masalah. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya