DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 WRINGINANOM
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Paramita, Juniar Widya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-21 08:08:40 
Abstract :
Paramita, Juniar Widya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Wringinanom. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd., (2) Ninik Mutianingsih, S.Pd., M.Si Kata Kunci: pembelajaran kooperatif,nht,prestasi belajar Pada era pendidikan saat ini sebagian besar sekolah telah menerapkan kurikulum K-13. Pada kurikulum ini siswa diharapkan lebih aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar. Keberhasilan kegiatan tersebut dapat terlihat dan diukur melalui evaluasi sebagai prestasi belajar yang dicapai selama mengikuti proses belajar mengajar. Namun, untuk mencapai prestasi belajar yang baik ada faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu model pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ?Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wringinanom?. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling di SMP Negeri 1 Wringinanom sehingga diperoleh satu kelas yaitu kelas VIII-I. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil yang diperoleh dari analisis data, uji-t menunjukan hasil thitung sebesar -8,34403, pada penelitian ini taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05 sehingga diperoleh ttabel = 1,99897 > thitung - 8,33403 maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Wringinanom. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya