DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Karier Siswa Kelas VIII K SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Yosefa Vinsensia Anggo, 175000043
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-10-17 06:26:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-managament dalam konseling kelompok untuk meningkatkan minat karier siswa kelas VIII K SMPN 2 Taman Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VIII K SMPN 2 Taman Sidoarjo berjumlah 21 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian, yaitu data minat karier siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran minat karier siswa nilai signifikannya 0,00- 0,005. Sedangkan uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,703. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 26.0 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik setelah dilakukan uji asumsi normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan minat karier siswa kelas VIII K SMPN 2 Taman Sidoarjo. Kata kunci: self-management, konseling kelompok, minat karier. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya