DETAIL DOCUMENT
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditori
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Artari Heldianarini, 175500049
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-28 06:13:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematis tingkat tinggi, tingkat sedang, dan tingkat rendah yang ditinjau dari gaya belajar auditori pada peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 12 Surabaya. Tahap pemecahan masalah menggunakan tahap Krulick dan Rudnick. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk mengetahui gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data dengan menganalisis hasil tes berdasarkan tahap pemecahan masalah dari Krulick dan Rudnick dan wawancara, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu menuliskan dan mendapatkan informasi penting dari soal, mampu memilih strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Peserta didik dengan kemampuan sedang kurang mampu menuliskan serta mendapatkan informasi dari soal, tetapi sudah mampu memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan aljabarnya. Peserta didik dengan kemampuan rendah tidak dapat menuliskan serta tidak mendapatkan informasi dari soal, serta tidak menuliskan kesimpulan dalam soal yang berarti peserta didik tidak dapat melewati tahap meninjau kembali. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah; Teori Krulick dan Rudnick; Gaya Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya