DETAIL DOCUMENT
Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa SDN Waruberon Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Sandra Dwi Lukitasari, 175500036
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-28 06:10:59 
Abstract :
Dengan mengetahui tingkat siswa berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele diharapkan guru dapat menerapkan suatu konsep metode pembelajaran berdasarkan tingkat berpikir yang sesuai dengan kategori tingkat berpikir siswa. Tahapan tingkat berpikir siswa dalam geometri yaitu: Tingkat Visualisasi/Pengenalan (tingkat-0), Tingkat Analisis (tingkat-1), Tingkat Deduksi Informal (tingkat-2), Tingkat Dedukasi (tingkat-3), dan Tingkat Rigor/Akurasi (tingkat-4). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri bidang datar ditinjau dari tingkat berpikir Van Hiele terhadap tingkat 0 (Visualisasi/Pengenalan), tingkat 1 (Analisis), dan tingkat 2 (Deduksi Informal). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan waawancara. Instrument tes yang digunakan adalah Van Hiele Geometry Test (VHGT) dan Tes Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, siswa dengan tingkat berpikir geometri 0 dapat memahami masalah, siswa dengan tingkat berpikir geometri 1 dapat memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian, siswa dengan tingkat berpikir geometri 2 dapat memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Kata kunci : Menyelesaikan Masalah Geometri, Tingkat Berpikir Van Hiele. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya