Abstract :
Intsani, Fiera Amalia. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Dengan
Media Wayang Kertas Terhadap Kemampuan Sosial
Emosional Anak Kelompok B TK ABA 57 Semolowaru
Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd.
Kata Kunci: media wayang kertas, kemampuan sosial emosional
Media wayang kertas adalah salah satu jenis media yang
dapat mendukung pendidikan anak usia dini dalam kemampuan
sosial emosional yang dapat meningkatkan rasa simpati, empati serta
dapat memahami dan mengolah emosi diri. Kemampuan sosial
emosional memiliki fungsi yang sangat penting dalam perkembangan
anak, karena berhubungan dengan cara anak dapat berinteraksi dan
memahami orang yang ada disekelilingnya serta dapat
mengendalikan emosi yang dimilikinya dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hal yang
lebih mendalam dan menyeluruh tentang pengaruh metode bercerita
dengan media wayang terhadap kemampuan sosial emosional anak
kelompok B TK ABA 57 Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan One
Grup Pretest-Postest. Data dikumpulkan dari hasil observasi tes
kinerja dengan instrumen lembar observasi kinerja. Teknik analisis
data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thit = 8,40 besar dari ttabel
1,74588 pada taraf signifikansi 0,05 maupun 2,58349 pada taraf
signifikansi 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa media wayang kertas
berpengaruh sangat signifikan pada kemampuan sosial emosional
anak kelompok B TK ABA 57 Surabaya. Dengan demikian media
wayang kertas dapat digunakan pendidik untuk mengaplikasikan
metode bercerita di sekolah.