DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL UNTUK OPTIMALISASI LABA SEPATU SANDAL “HILMI FASHION”
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Hardina, Nanda Tri
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-11-29 07:43:19 
Abstract :
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu yang turut ber saing dalam memajukan per ekonomian di Indonesia. UKM sebagai sektor yang mempunyai peran penting sebab sebagian besar penduduk Indonesia hidup dalam kegiatan usaha kecil baik tradisional mau pun modern. Hal ini mengakibatkan ada nya persaingan antara UKM yang satu dengan yang lainnya terutama pada produk yang sejenis. Solusi untuk menghadapi hal tersebut adalah UKM di tuntut untuk anti sipatif terhadap ke mungkinan yang terjadi dalam per saingan. Salah satu nya mengetahui harga dengan tepat. Kesalahan saat menetapkan harga seringkali dilakukan oleh perusahaan dengan skala kecil atau menengah (UMKM) sebab dalam mempertimbangkan keputusan dalam penetapan harga jual produk belum tepat karena tidak berdasarkan prinsip akuntansi yang benar, pemilik usaha hanya menggunakan perkiraan saja. Seperti yang terjadi pada UMKM di Surabaya yaitu Hilmi Fashion yang mengalami kesalahan dalam menetapkan harga jual produknya dikarenakan minimnya pengetahuan dalam bidang akuntansi dan keuangan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Menggunakan sumber data primer dan data sekunder dan metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukn wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Purposive Sampling di gunakan dalam penelitian ini untuk memilih informan berdasarkan kriteria yakni sejauh mana informan memahami dan mengetahui masalah yang akan dikaji dalam penelitian. Pada penelitian ini terdapat hasil bahwa Hilmi Fashion dalam menghitung biaya pokok produk belum maksimal 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya