DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Putri, Ayuni Afri Dani
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-11-29 07:24:35 
Abstract :
Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility dapat dijadikan sebagai aspek yang memengaruhi peningkatan nilai perusahaan yang dapat menarik para pemangku kepentingan untuk berinvestasi. Terdapat 16 sampel perusahaan pertambangan dari 48 perusahaan melalui teknik sampling purposive. Analisis datanya yakni uji asumsi klasik, analisis jalur, dan uji-t. Menurut hasil uji-t menjelaskan bahwa nilai thitung sebesar 1,207 kurang dari ttabel yakni 1,678, maka berarti bahwa Profitabilitas tidak memengaruhi Nilai Perusahaan. Nilai thitung sebesar (0,700) kurang dari ttabel yakni 1,678, maka Profitabilitas tidak memengaruhi Corporate Social Responsibility. Nilai thitung sebesar 3,041 lebih besar dari ttabel yakni 1,678, maka Corporate Social Responsibility dapat memengaruhi Nilai Perusahaan. Menurut perhitungan analisis jalur diketahui bahwa nilai thitung pada variabel Profitabilitas setelah di mediasi menjadi lebih besar sebesar 2,341 daripada sebelum di mediasi yakni sebesar 1,207 dan nilai thitung setelah di mediasi lebih besar dari thitung yakni 1,678. Artinya hubungan tidak langsung antara Profitabilitas dengan Nilai Perusahaan dapat di mediasi dengan Corporate Social Responsibility. Profitabilitas yang tinggi belum tentu dapat memengaruhi nilai perusahaan. Sehingga Corporate Social Responsibility dapat dijadikan evaluasi untuk penanaman modal oleh para pemangku kepentingan. Kata kunci: Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya