DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA TUTI TERHADAP PENGENALAN BANGUN GEOMETRI KELOMPOK B DI TK MAMBA’UL ULUM BEDANTEN BUNGAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Maulidah, Putri Aprilia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:38:42 
Abstract :
Aprilia, Putri M. 2021. Pengaruh Media TUTI Terhadap Pengenalan Bangun Geometri Kelompok B di TK Mamba?ul Ulum Bedanten Bungah Gresik tahun Pelajaran 2020- 2021.Skripsi program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagodi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si. Kata Kunci :Media TUTI, Pengenalan bentuk geometri, Kognitif, Anak usia dini. Penelitian ini dilatabekangi oleh permasalahan bahwa kemampuan pengenalan bangun geometri masih belum berkembang. Hal ini disebabkan pendidik masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan media yang digunakan masih lembar kerja siswa atau buku sehingga anak akan menjadi bosan. Oleh karena itu peneliti membuat media yang lebih inovatif yakni Media TUTI. Media TUTI ?Tutup Botol Geometri? adalah media yang memodifikasi tutup botol dengan menambahkan bentuk geometri, kemudian anak-anak mencocokkan gambar yang menyerupai bentuk geometri dilingkungan sekitar. Gambar yang menyerupai bentuk geometri dicocokkan di tutup botol geometri yang sudah disediakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media TUTI terhadap pengenalan bangun geometri anak kelompok B TK Mamba?ul Ulum Bungah Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 15 anak kelompok B2 TK Mamba?ul Ulum Bungah Gresik. Teknik Analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung = 25,28 lebih besar dari pada nilai t tabel (1.76131) pada taraf signifikansi 0,05 dan (2.62449) pada taraf signifikansi 0,01, maka Hipotesis Nol ditolak sehingga Hipotesis kerja dengan sangat signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwamedia TUTI berpengaruh sangat signifikan terhadap pengenalan bangun geometri anak kelompok B TK Mamba?ul Ulum Bedanten Bungah Gresik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya