DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI DENGAN MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK KARUNIA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Zuroidah, Emy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:34:39 
Abstract :
Zuroidah Emy, 2021. Pengaruh Kegiatan Mewarnai dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A TK Karunia Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Imu Kependidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Mewarnai , Bahan alam Penelitian ini dilatar belakangi pada saat mewarnai, anak belum bisa mewarnai dengan rapi atau tidak keluar garis pola gambar. Hal tersebut diakibatkan kurangnya guru dalam memanfaatkan media di lingkungan sekitar, sehingga anak hanya disediakan krayon untuk kegiatan mewarnai serta kurang melatih motorik halus anak. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Mewarnai dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A TK Karunia Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dalam klasifikasi pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelilitian adalah anak kelompok A di TK Karunia Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. yang sesuai dengan judul penelitian Pengaruh Kegiatan Mewarnai dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A TK Karunia Surabaya. Digunakan pretest dan post-test one group design dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitugan menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa t hitung (thit) 14,06 dan t tabel 1.76131 untuk taraf signifikan 0,05 taraf signifikansi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf signifikansi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t(hit) > t(tab), karena nilai t tabel lebih kecil daripada nilai t hitung maka Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Kerja (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai dengan media bahan alam berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak pada kelompok A TK Karunia Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya