DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI ANAK TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA DASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB/TK KARUNIA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Kurniawati, Frisca Sisila
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:27:38 
Abstract :
Kurniawati, Frisca S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Anak Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di KB/TK Karunia Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: video animasi, pembelajaran menyenangkan, kosakata dasar. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang ditujukan kepada anak usia baru lahir sampai enam tahun untuk memberikan persiapan tahap lanjutan yaitu pendidikan dasar. Anak usia dini pada dasarnya akan mempelajari bahasa dengan sendirinya melalui lingkungan sekitarnya. Dalam mengembangkan aspek bahasa sangat penting terutama pada kosakata anak. Untuk membantu memaksimalkan proses belajar dalam meningkatkan kosakata anak, maka diera saat ini menggunakan media video merupakan pilihan yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ³Bagaimana pengaruh penggunaan media video animasi anak terhadap kemampuan kosakata dasar anak usia 4 ± 5 tahun pada pembelajaran daring di KB/TK Karunia Surabaya". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video animasi anak terhadap perkembangan kosakata dasar anak usia 4 ± 5 tahun di KB/TK Karunia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain rancangan penelitian menggunakan pre-Experimental One Group Pre-Test Post Test Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah murid KB/TK Karunia di Surabaya dengan jumlah 15 anak yang berusia 4-5 tahun dengan anak laki-laki sebanyak 6 anak dan perempuan 9 anak. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pretest, postest, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus T-Test. Berdasarkan hasil dari analisis yang telah dilakukan, data menunjukkan bahwa "Ada pengaruh penggunaan media video animasi anak terhadap kemampuan kosakata dasar anak usia 4-5 tahun di KB/TK Karunia Surabaya" yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis dengan perhitungan Thitung = 18,33 lebih besar daripada Ttabel = 1,76 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,76 dengan N = 15 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi anak berpengaruh terhadap kemampuan kosakata dasar anak. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya