Abstract :
Nafiah. 2021. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran
Penjas Melalui Daring Pada Masa Pandemi Covid19 Kelas VII di SMPN 1 Taman Sidoarjo. Program
Studi Pendidikan Jasmani. Fakultar Pedagogik dan
PsikologiUniversitas PGRI Adi Buana Surabya.
Pembimbing (1) Dr. Ujang Rohman, M.Kes.
Pembimbing (2) Riga Mardhika, S.Pd., M.Or.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, motivasi belajar, Pandemi
Covid-19, Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi
belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Taman Sidoarjo. Saat ini
Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan
karena adanya wabah virus Covid-19, yang menyebabkan
seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan dialihkan
kepada metode pembelajaran online atau dalam jaringan
(daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran
menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta
didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap motivasi
belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
dengan teknik sampling yang digunakan adalah simple random
sampling berjumlah 40 siswa sekitar 10% dari jumlah populasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1
Taman Sidoarjo yang mengikuti proses pembelajaran dengan
sistem online atau daring. Jenis penelitian ini menggunakan
landasan teori motivasi naluri. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai 66%. Nilai presentase ini disesuaikan
dengan kriteria yang di tetapkan yaitu berada di nilai 61%-80%
dengan kriteria baik