DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Purnama, Nurani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 01:24:23 
Abstract :
Purnama, Nurani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd., (2) Ninik Mutianingsih, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TTW, hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan logaritma kelas X MIA SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes yaitu posttest. Dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya yang berjumlah 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling yang menghasilkan dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan Uji-t. Diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 5,2788 > 1,995. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas X MIA SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya maka ?Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran 2018/2019?. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya