DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DI SMPN 48 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Hikmah, Atik Ziadatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 01:16:39 
Abstract :
Ziadatul Hikmah, Atik. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar matematika Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMPN 48 Surabaya. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika, pembelajaran matematika yang didominasi oleh guru mengakibatkan siswa pasif dalam pembelajaran, guna mengatasi masalah tersebut guru harus mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, salah satunya yang digunakan peneliti adalah model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional kelas VIII di SMPN 48 Surabaya. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental design yang berbentuk post-test only control design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yaitu tes hasil belajar. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMPN 48 Surabaya yang berjumlah 8 kelas. Dengan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, sampel penelitian ini, yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Ditunjukkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Course Review horay (CRH) mendapatkan ? dengan 2.79 ? 1.995. Dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Course Review horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII di SMPN 48 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya