DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 59 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Putra, Ahmad Januar Satria Anugerah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 01:26:30 
Abstract :
Putra, Ahmad Januar Satria Anugerah 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 59 Surabaya Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing Nur Fathonah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning, Ekspositori. Dalam pembelajaran yang efektif suatu model merupakan suatu konsep atau langkah cara mengajar untuk guru agar guru dapat menerapkannya didalam kelas pada saat proses belajar mengajar Oleh karena itu diperlukan metode yang efektif yaitu CTL. Adapun rumusan masalahnya yaitu ?apakah Ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 59 Surabaya?. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika SMPN 59 Surabaya. Jenis pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 51 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E dan kelas VII F. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Dokumentasi dilakukan untuk mengambil sampel penelitian, sedangkan tes dilakukan untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa. Analisis datanya menggunakan uji-t dengan terlebih dahulu dilihat normalitas dan homogenitas. Sesuai dengan data yang diperoleh analisis datanya yaitu bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan analisis data menggunakan uji-t diperoleh = 6,827 dengan taraf signifikan 0,05. Hal tersebut menunjukkan lebih besar dari , maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 59 Surabaya. ii ABSTRACT Putra, Ahmad Januar Satria Anugerah 2019. Effect 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya