DETAIL DOCUMENT
MISKONSEPSI SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MASALAH KONTEKS SERTA ALTERNATIF MENGATASINYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Mukholifah, Anik
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 01:37:42 
Abstract :
Mukholifah, Anik. 2019. Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Masalah Konteks serta Alternatif Mengatasinya. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra. Sri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci : miskonsepsi, masalah konteks, CRI, alternatif mengatasi Miskonsepsi merupakan penggunaan konsep yang salah dan tidak sesuai dengan konsep yang telah diakui oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi, mengetahui penyebab miskonsepsi, serta mendeskripsikan alternatif mengatasi miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga subjek yang memiliki miskonsepsi terbanyak. Miskonsepsi siswa pada penelitian ini menggunakan tes diagnostik miskonsepsi dengan metode Certainty of Response Index (CRI) dan dilanjutkan dengan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, ketiga subjek mengalami miskonsepsi yang hampir sama. Adapun penyebab miskonsepsi yang terjadi pada subjek 1 dikarenakan kondisi siswa dan metode mengajar dengan alternatif yang dapat diambil dalam mengatasi miskonsepsi tersebut adalah dengan adanya perubahan konseptual, strategi pembelajaran, dan penjelasan ulang. Penyebab miskonsepsi pada subjek 2 dikarenakan kondisi siswa dan metode mengajar, dengan alternatif yang dapat diambil adalah konflik kognitif, strategi pembelajaran, dan penjelasan ulang. Sedangkan pada subjek 3 yang menyebabkan subjek mengalami miskonsepsi adalah kondisi siswa dan metode mengajar, dengan alternatif mengatasi miskonsepsi tersebut dengan dilakukannya penjelasan ulang dan konflik kognitif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya