Abstract :
Kata Kunci : Berpikir kreatif, kemampuan pemecahan
masalah Open- ended.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan
berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam
memecahkan masalah melalui soal open-ended.
Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis dan
wawancara. Tes tulis yang digunakan ada 2 yaitu tes tulis 1
digunakan untuk menyaring kemampuan matematika siswa
dan tes 2 digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika
melalui soal Open- ended. Wawancara digunakan untuk
mengetahui kevali dari hasil tes tulis. Subjek dalam
penelitian adalah kelas VII- J di SMPN 1 Wonoayu, dan
kemudian disaring menjadi 3 siswa yang masing- masing
dari kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir
kreatif tinggi, kemampuan berpikir kreatif sedang dan
kemampuan berpikir kreatif rendah.
Hasil dari penelitian ini adalah kelompok kemampuan
matematika tinggi memenuhi tiga aspek yaitu aspek
kefasihan, aspek flexibilitas, dan aspek kebaharuan.
Kelompok kemampuan matematika sedang memenuhi dua
aspek yaitu aspek kefasihan dan aspek flexibilitas sedangkan
kelompok kemampuan matematika rendah memenuhi satu
aspek yaitu aspek kefasihan.