DETAIL DOCUMENT
ANALISIS BERFIKIR KREATIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF di SMPN 22 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Dwiyanti, Suci
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 00:50:22 
Abstract :
Kata Kunci: berfikir kreatif, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif. Dalam pembelajaran matematika kreativitas siswa sangat dibutuhkan terutama dalam menyelesaikan soal-soal yang melibatkan siswa untuk berpikir kreatif, dimana siswa diharapkan dapat mengemukan ide-ide baru yang kreatif dalam menganalisis dan menyelesaikan soal. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui empat indikator berpikir kreatif, yaitu fluence(kelancaran), flexibelity (keluwesan), orginality (keaslian), elaboration (penguraian) dengan tahap pemecahan masalah teori polya: memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalahh dan mengecek kembali pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif field Independent dan field Dependent. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui instumen tes gaya kognitif group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan tes wawancara. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas VII-K SMP Negeri 22 Surabaya yang terdiri atas satu siswa bergaya kognitif Field Independent dan satu siswa yang bergaya kognitif Field Dependent. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa bergaya kognitif Field Independent lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan memenuhi lebih dari 4 indikator. Sementara siswa bergaya kognitif Field Dependent hanya menguasai kurang satu dari empat indikator kemampuan berfikir kreatif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya