DETAIL DOCUMENT
PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ALFARUB, ARY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 00:46:51 
Abstract :
Kata Kunci: Proses berpikir, Memecahkan Masalah, Teori Van Hiele, Gender Salah satu bidang kajian materi Matematika yang dipelajari dalam tingakatan SMP adalah geometri. Pada dasarnya, materi geometri akan mudah dipahami oleh siswa dibandingkan dengan materi matematika lainnya. Sebab, konsep dasar matematika dalam geometri telah dikenal siswa sejak sebelum mereka memasuki jenjang sekolah, namun bukti-bukti di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar geometri masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif, digunakan untuk menentukan dan mendeskripsikan secara jelas dan terperinci mengenai proses berpikir siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan teori van hiele ditinjau dari gender. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dengan kemampuan matematika tingkat tinggi dan 1 siswa perempuan dengan kemampuan matematika tingkat tinggi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki mampu menentukan hubungan dari yang diketahui dan ditanyakan serta menggunakan strategi berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah dengan tepat. Tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada tingkat 2 (deduksi formal). Sedangkan siswa perempuan mampu menentukan hubungan dari yang diketahui dan ditanyakan serta menggunakan strategi berpikir logis dan mampu memecahkan masalah dengan tepat. Tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada tingkat 2 (deduksi formal). 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya