DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA KARDUS ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PENATARAN 02 BLITAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Makian, Wahyu Tri Wulandari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:14:23 
Abstract :
Makian, Wahyu Tri W. 2021. Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Penataran 02 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi. M.Psi. Kata kunci: media kardus angka, kognitif, mengenal konsep bilangan 1-10 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan usia 4-5 tahun yang masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena masih digunakannya bahasa lisan tanpa adanya benda konkret, selain itu belum optimal dalam memanfaatkan media pada proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran masih berpusat pada guru. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan LKA yaitu Lembar Kerja Anak, maka anak hanya akan mengikuti apa yang ada didalam lembar tersebut sehingga anak cenderung lebih pasif. Hal tersebut dapat membuat anak bosan dan akibatnya orang tualah yang mengerjakan tugas tersebut. Maka dari itu tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media kardus angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Penataran 02 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-exsperimental design dengan jenis One-Group PretestPostets Design. Subjek penetilian yang digunakan adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Penataran 2 Blitar sejumlah 15 anak. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi dengan menggunakan penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung= 15,6 lebih besar dari ada t tabel (1,77) pada taraf signifikan 0,05. Maka hipotesis Nol (H 0) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha ) diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media kardus angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Penataran 02 Blitar. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya