DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA KERTAS KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Chayani, Viga Tri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-14 07:05:50 
Abstract :
ABSTRAK Chayani, Viga Tri. 2020. Pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aisyah.,S.Psi.,M.Pd. Kata Kunci: media kertas kokoru, kemampuan motorik halus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan anak kelompok B pada kegiatan motorik halus seperti melakukan kegiatan menggunting, menggulung dan menempel. Perkembangan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya sangat diperlukan sebagai persiapan anak untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Hal ini dikarenakan motorik halus anak adalah life skill yang akan dibutuhkan anak dalam kehidupan selanjutnya. Dalam pembelajaran media juga harus menarik bagi anak seperti, media kertas kokoru yang dapat mengembangkan motorik halus anak. Media kertas kokoru juga dapat melatih kreativitas anak dengan berbagai variasi warna sehingga anak dapat berkreasi sesuai dengan imanjinasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuntitatif menggunakan jenis Pre-Eksperiemental Design dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Penelitian kuantitatif ini memiliki 3 tahapan yaitu pretest, treatment/perlakuan dan posttest. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh media kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mutiara Bangsa, hal ini dibuktikan dari data pre-test dan post-test yang didapat menggunakan aplikasi SPSS v.22 yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak secara otomatis Ha diterima. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya