DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERMAINAN AWAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA WARU BERON KECAMATAN BALONGBENDO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Amalia, Dyah Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:03:29 
Abstract :
Dwi, Dyah Amalia. 2021. Pengaruh Permainan Awan Terhadap Kemampuan Kognitif Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Desa Waru Beron Kecamatan Balongbendo. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Made Ayu Anggreni. S, Pd., M. Pd. Pembimbing (2) Ervin Nurul Affrida, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: permainan awan, kognitif,sains Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif sains yaitu melalui permainan awan pada anak usia 5-6 tahun yang masih rendah. Masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal permainan awan ini disebabkan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Guru sebatas menggunakan LKA (lembar kerja anak) sehingga kurang menarik minat dan perhatian anak terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh permainan awan terhadap kemampuan kognitif sains anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Desa Waru Beron Kecamatan Balongbendo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Waru Beron Kecamatan Balongbendo dengan jumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi serta dokumentasi dan wawancara. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Permainan Awan Terhadap Kemampuan Kognitif Sains Anak Usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Desa Waru Beron Kecamatan Balongbendo. Digunakan pretest dan post-test one group design maka dengan uji t menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan hasil paired sample test menggunakan aplikasi Microsoft Excelmenunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung yang diperoleh yaitu (40,94). Sedangkan t-tabel yang di signifikan 5% (1,72) sedangkan t tabel 1 % di signifikan (2,51). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t babel artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan permainan awan terhadap kemampuan kognitif sains anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Desa Waru Beron Kecamatan Balongbendo. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya