DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA BANGSA RUNGKUT SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fauziah, Ilma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-14 08:19:35 
Abstract :
Fauziah, Ilma. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan bahasa Anak Kelompok B TK Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah, S.Psi.,M.Pd Kata Kunci: Metode Bercerita, Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa. Bercerita adalah suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh seorang untuk berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu. Seperti pembelajaran menggunakan media boneka tangan yang dapat menarik perhatian anak dan anak lebih mempunyai kosa kata yang banyak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Mutiara Bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan One Grup pretest-postest. Sampel yang digunakan penelitian ini ada 34 anak kelompok B TK Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan Dokumentasi, dengan instrumen lembar observasi dan teknik analisis data menggunakan rumus uji t menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig yang diperoleh adalah Sig (2-tailed) t test 0,000 < 0,05 jadi sangat signifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak. Jadi ada perbedaan antara hasil perkembangan bahasa anak antara pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ?ada pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Mutiara Bangsa?. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya