DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid- 19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fandah Firdayanti, 175500013
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-28 06:43:33 
Abstract :
Gaya belajar merupakan cara belajar dari bagaimana siswa menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang di dapat dari proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berubah dari luring menjadi daring membuat siswa yang memiliki gaya belajar berbeda- beda mengalami kesulitan yang berbeda juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa dan juga mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada proses pembelajaran di masa pandemi yang ditinjau dari gaya belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes matematika, dan wawancara. Data pada penelitian ini adalah hasil angket, tes matematika dan wawancara sedangkan sumber data adalah tiga siswa yang memiliki nilai terendah ditinjau dari setiap jenis gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan menentukan informasi yang ditanyakan pada soal, faktor yang menyebabkan kesulitan juga subjek kurang tertarik dengan matematika. Subjek dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan pada saat operasi aljabar, faktor lainnya ialah suasana rumah yang terakdang kurang kondusif, dan subjek dengan gaya belajar kinestetik cenderung mengalami kesulitan dalam pengoperasian bentuk aljabar pengurangan dan pennjumlahan, dan faktor intern yang mendukung sebab subjek kurang tertarik dengan matematika. Kata kunci : Analisis Kesulitan Belajar, Gaya Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya