DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Collaborative Learning Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Afifah Saskya Arumningtyas, 175500060
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-31 04:16:55 
Abstract :
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sampai dengan saat ini masih dianggap sulit oleh banyak peserta didik di sekolah. Kesulitan yang dimiliki oleh peserta didik mengakibatkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga materi tidak dapat tersampaikan dengan baik dari guru ke peserta didik. Jika peserta didik tidak mampu menerima dan memahami materi yang disampaikan, maka akan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan kepada peserta didik di kelas agar pembelajaran matematika tidak terkesan sulit dan mudah dipahami oleh peserta didik dalam segala tingkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Metode Collaborative Learning dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Desaign dengan posttest control group. Untuk penentuan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang berjumlah 54 siswa terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan jumlah soal sebanyak 5 butir soal uraian. Berdasarkan analisis data hasil posttest, diperoleh rata ? rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 89,21 sedangkan rata ? rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 81,82. Selanjutnya diperoleh nilai dari uji hipotesis thitung sebesar 3,52 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlihat bahwa thitung > ttabel dengan 3,52 > 2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh Metode Collaborative Learning dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kata kunci : Metode Collaborative Learning , Microsoft Power Point , dan Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya