DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Dalam Pembelajaran Daring Di SMAN 15 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Melros Tamonob, 175500080
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-31 07:25:42 
Abstract :
Dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama permasalahan yang berbentuk soal cerita, siswa masih sering melakukan kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 3 siswa dari 26 siswa kelas X Mipa-1 SMAN 15 Surabaya, Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan Kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan Atas yaitu: membaca soal, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir; berkemampuan Sedang: transformasi, keterampilan proses, dan kecerobohan penulisan jawaban akhir; dan berkemampuan Bawah: ketrampilan proses dan kecerobohan penulisan jawaban akhir. Penyebab dari masing-masing kesalahan tersebut meliputi ?membaca soal? siswa tidak bisa memaknai simbol atau istilah matematika yang ada meskipun sudah bisa membacanya dengan baik; ?transformasi? siswa tidak menguasai dengan baik rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal; ?keterampilan proses? siswa kurang memahami prosedur operasi matematika dengan baik; dan ?kecerobohan penulisan jawaban akhir? siswa tidak teliti saat mengerjakan soal tapi bisa segera menyadari dan memperbaiki tanpa bimbingan peneliti. Oleh karena itu, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan direkomendasikan siswa memahami rumus dengan dimengerti tidak dihafal, pembelajaran lebih dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar lebih mudah dipahami dan diingat, dan memperbanyak latihan soal. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Newman 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya