DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas 7H SMPN 3 Krian
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Lelah Istiranda, 175500012
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-31 07:41:36 
Abstract :
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik dapat memecahkan permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan matematika. Berdasarkan tujuan tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang dapat membatu peserta didik dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan secara jarak jauh atau daring dikarenakan sedang dalam pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa kelas 7H SMPN 3 Krian. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan 3 instrumen yaitu: lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa yang telah divalidasi. Setelah itu data tersebut dianalisis secara deskriptif sesuai dengan indikator masing-masing aspek yaitu aktivitas siswa, tes hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian pada aspek observasi aktivitas siswa memiliki rata-rata 89,44% termasuk dalam kategori ?aktif sekali?. Pada aspek hasil belajar memiliki presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 85,71% termasuk dalam kategori ?tuntas?. Pada aspek respon siswa memiliki presentase respon 82% setuju yang termasuk dalam kategori ?positif?. Dari ketiga aspek tersebut telah terpenuhi maka model pembelajaran problem based learning dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di kelas 7H SMPN 3 Krian dikatakan efektif. Kata Kunci: efektivitas, problem based learning, pembelajaran jarak jauh, (PLSV). 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya