DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMA ANTARTIKA SIDOARJO DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
DINDA WIDYA SUSANTI, 175500045
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-11-02 03:49:40 
Abstract :
Susanti, Dinda Widya. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Self Regulated Learning pada Pembelajaran Siswa Kelas XI SMA Anatartika Sidoarjo Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. (2). Annisa Dwi Sulistyaningtyas, S.Si., M.Si. Kata Kunci : self regulated learning, kemampuan guru, aktivitas siswa, hasil belajar, respon siswa, pandemi covid-19. Di masa pandemi Covid-19 mengharuskan semua sekolah melakukan pembelajaran dengan metode daring. Siswa sudah mempunyai self regulated learning sendiri tetapi dimasa pandemi ini siswa harus lebih extra untuk mengelola belajar mandirinya sendiri sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang dirancang untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, aktivitas siswa di luar sekolah, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada materi transformasi geometri. Penelitian ini dirancang menggunakan ?one-shot case study?, yaitu penelitian dilakukan dengan melaksanakan suatu perlakuan tertentu kepada subyek. Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-Efektif 1 SMA Antartika Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan guru tergolong ?baik? dengan nilai sebesar 3,41, (2) Aktivitas siswa terhadap self regulated learning di luar sekolah tergolong ?aktif? dengan presentase sebesar 66%, (3) Hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa, sehingga dapat dikatakan hasil belajar tuntas secara klasikal telah tercapai dengan presentase sebesar 87,87%, dan (4) Respon siswa tergolong ?positif? dengan mendapatkan presentase sebesar 85,5%. Sehingga model pembelajaran self regulated learning pada pembelajaran siswa di masa pandemi Covid-19 dapat dikatakan efektif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya