DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ALFIAN FAHIMUDDIN, 175500025
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-02 07:16:57 
Abstract :
Fahimuddin, Alfian. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd. (2) Annisa Dwi Sulistyaningtyas, S.Si., M.Si. Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring menggunakan zoom meeting, hasil belajar matematika, pandemi Covid-19. Penggunaan platform zoom meeting dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 saat ini diharapkan menjadi solusi yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA EFEKTIF 2 SMA Antartika Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh rata-rata 3,56 dan termasuk dalam kriteria ?sangat baik?; (2) rata-rata aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran memiliki presentase sebesar 93,75% dan tergolong kategori ?sangat aktif?; (3) respon siswa dikatakan ?positif? karena meperoleh presentase sebesar 75,41%; dan (4) pada hasil belajar memiliki presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 94,23%. Sehingga pembelajaran daring menggunakan zoom meeting terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi Covid-19 dikatakan ?efektif?. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya