DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 3 KRIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
TYAS YULIA ISLAMIAH, 175500016
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-02 07:33:00 
Abstract :
ABSTRAK Islamiah, Tyas Yulia. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh Pada Materi Aljabar di SMP Negeri 3 Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing : Dr. Liknin Nugraheni, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Problem Solving, Jarak Jauh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam kegiatan Pembelajaran dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Shot Case Study. Adapun instrumen dan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Silabus, RPP, Soal Tes Hasil Belajar, Angket respon siswa, dan Lembar penilaian Aktivitas Siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1)Aktivitas Siswa dari 34 siswa kelas VII A pada pertemuan 1 sebesar 96,25% dan pertemuan 2 sebesar 97,5% sehingga memiliki hasil rata ? rata sebesar 96,9% dan dapat dikategorikan Aktif Sekali, 2). Respon siswa dari 34 siswa kelas VII A pada tiap aspek yang ada pada angket memiliki respon lebih dari 70% sehingga dapat dikatakan Respon siswa di kelas VII A pada penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh dapat dikatakan memiliki Respon Positif, 3). Ketuntasan Hasil Belajar Siswa dari 34 siswa kelas VII A terdapat 30 siswa mendapat skor ? 75 dan 4 siswa lainnya mendapat skor < 75 sehingga dapat dihitung tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,23%. Dapat disimpulkan sesuai pada tabel 4.5 Kesimpulan setelah penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh yaitu Aktivitas siswa dikategorikan Aktif, Respon Siswa Positif, dan Hasil Belajar Siswa dikategorikan Tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Sistem Jarak Jauh pada Materi Aljabar di SMP Negeri 3 Krian dikatakan efektif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya