DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Amelyanti, Neza Rivani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-07 02:56:10 
Abstract :
Amelyanti, Neza Rivani. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing: Dra. Sri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, Newman, soal cerita matematika Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis serta faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel siswa kelas VII-J SMP Negeri 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan tahapan analisis Newman yang terdiri dari tahap membaca masalah, memahami masalah, transformasi masalah, ketrampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan jumlah 3 soal essay dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga subjek dari keseluruhan siswa kelas VII-J yang melakukan kesalahan terbanyak dan variasi jenis kesalahan yang berbeda serta kemampuannya berkomunikasi dengan baik. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari ketiga soal tes yang diberikan subjek penelitian pertama (S1) mewakili siswa yang melakukan total kesalahan sebanyak 11 kesalahan. Faktor penyebab S1 melakukan kesalahan disebabkan karena tidak terbiasa mengerjakan soal cerita sehingga melakukan banyak kesalahan, terutama pada strategi penyelesaian masalah. Subjek penelitian kedua (S2) mewakili siswa yang melakukan total kesalahan sebanyak 9 kesalahan. Faktor penyebab S2 melakukan kesalahan adalah kurang memahami konsep dari materi tersebut. Subjek penelitian ketiga (S3) mewakili siswa yang melakukan total kesalahan sebanyak 8 kesalahan. Faktor penyebab S3 melakukan kesalahan adalah kurang teliti pada saat mengerjakan soal. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya