Abstract :
Fatimah, Endah Siti. 2019. Implementasi Strategi Pembelajaran
PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks
Editorial Dengan Menggunakan Rumus KEM Pada Siswa
Kelas XII SMAN An-Najiyah Surabaya. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Ketrampilan Membaca
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang
dilakukan dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga
hasil belajar peserta didik meningkat. Masalah dalam PTK dipicu dari
hasil belajar yang dilakukan di kelas terutama dalam hal ketrampilan
membaca. ketrampilan membaca merupakan suatu usaha untuk
memahami suatu bacaan sebaik mungkin.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal yang
berkaitan dengan penerapan dan hasil belajar peserta didik pada
keterampilan membaca teks editorial melalui pembelajaran strategi
PQ4R menggunakan rumus KEM pada peserta didik kelas XII di SMA
An-Najiyah Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif dikarena menjelaskan peristiwa-peristiwa yang
terjadi di sekolah secara alami, berupa informasi berbentuk kalimat
yang memberi gambaran tentang ekspresi peserta didik melalui tingkat
pemahaman. Teknik analisis pengumpulan data diperoleh dari tes
membaca, tes tulis, dan observasi.
Hasil penelitian yang ditemukan bahwa penerapan strategi
PQ4R menggunakan rumus KEM dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik dalam keterampilan membaca teks editorial bisa dilihat
perolehan pada siklus I peserta didik mendapatkan hasil membaca
sebanyak 210kpm yang diperoleh dari kelas XII/IPA dengan nilai
persentase 41% dan 213kpm dari kelas XII/IPS dengan persentase
ketuntasan 38%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil membaca
pada kelas XII/IPA 277kpm dengan ketuntasan 90% dan pada kelas
XII/IPS 265kpm dengan persentase 82%. pembelajaran siklus II
meningkat sekitar 52,41% dari siklus I.