DETAIL DOCUMENT
Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Editoril Dengan Menggunakan Rumus KEM Pada Siswa Kelas XII SMAN An-Najiyah Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fatimah, Endah Siti
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-11-08 04:08:53 
Abstract :
Fatimah, Endah Siti. 2019. Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Editorial Dengan Menggunakan Rumus KEM Pada Siswa Kelas XII SMAN An-Najiyah Surabaya. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Ketrampilan Membaca Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Masalah dalam PTK dipicu dari hasil belajar yang dilakukan di kelas terutama dalam hal ketrampilan membaca. ketrampilan membaca merupakan suatu usaha untuk memahami suatu bacaan sebaik mungkin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal yang berkaitan dengan penerapan dan hasil belajar peserta didik pada keterampilan membaca teks editorial melalui pembelajaran strategi PQ4R menggunakan rumus KEM pada peserta didik kelas XII di SMA An-Najiyah Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dikarena menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekolah secara alami, berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran tentang ekspresi peserta didik melalui tingkat pemahaman. Teknik analisis pengumpulan data diperoleh dari tes membaca, tes tulis, dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa penerapan strategi PQ4R menggunakan rumus KEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan membaca teks editorial bisa dilihat perolehan pada siklus I peserta didik mendapatkan hasil membaca sebanyak 210kpm yang diperoleh dari kelas XII/IPA dengan nilai persentase 41% dan 213kpm dari kelas XII/IPS dengan persentase ketuntasan 38%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil membaca pada kelas XII/IPA 277kpm dengan ketuntasan 90% dan pada kelas XII/IPS 265kpm dengan persentase 82%. pembelajaran siklus II meningkat sekitar 52,41% dari siklus I. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya